Dampak Injeksi CO2 Bagi Organisme Laut

Standar

Pemanasan global merupakan isu yang sedang hangat diperbincangkan saat ini. Pemanasan global tidak hanya berdampak  pada naiknya suhu bumi, akan tetapi pemanasan global juga menyebabkan meningkatnya kandungan CO2 di atmosfer serta perubahan iklim. Dampak peningkatan kandungan CO2 tidak hanya dapat dirasakan di daratan akan tetapi juga di laut. Perlu adanya upaya untuk mengurangi kandungan CO2 di atmosfer. Selain itu, pemilihan tempat untuk karantina injeksi CO2 haruslah tepat. Selain laut, Ada tiga tempat yang sangat potensial untuk menyimpan CO2 di dalam tanah, yakni bekas kilang minyak atau kilang gas alam, karena tanahnya sudah terbukti dapat menyimpan karbon. Kemudian lapisan  aquifer yang terletak di kedalaman 50-90 meter di dalam tanah, dan yang terakhir adalah di tambang batu bara yang sudah tidak dipakai (Tunjung, 2009)

Laut merupakan salah satu tempat tujuan karantina dari injeksi CO2. Injeksi langsung CO2 ke dalam perairan laut memang memiliki potensi untuk mengurangi kadar gas rumah kaca di atmosfer, namun akan mengganggu kehidupan organisme laut. Nancy Knowlton mengatakan bahwa wilayah laut yang luas memang berpotensi sebagai penyerap karbon (carbon sink) yang besar. Akan tetapi dampaknya bisa mengakibatkan kadar air laut menjadi asam (asidifikasi) yang bisa menyebabkan kerusakan biota laut. kematian massal biota laut juga bisa terjadi apabila suhu air laut meningkat secara mendadak atau meningkat sampai diatas suhu yang bisa ditoleransi oleh biota laut. Peningkatan suhu air laut ini mengikuti peningkatan kadar CO2 di laut (Kurnia1, 2009).

Injeksi CO2 ke ekosistem laut juga berdampak pada perubahan kimia air laut. Perubahan-perubahan besar dalam kimia air laut di dekat lokasi pelepasan CO2 akan menyebabkan angka kematian yang tinggi untuk komunitas infaunal laut dalam. Kematian tingkat tinggi terjadi pada flagelata, amuba, dan nematoda sedimen yang menghuni di dekat lokasi pelepasan CO2 (Barry et al., 2004). Seibel et al. (2003), mengatakan bahwa peningkatan CO2 di lautan akan mengakibatkan penurunan tingkat pH (ukuran keasaman) air laut, yang mengakibatkan efek fisiologis yang dramatis pada banyak spesies. Ketika CO2 atmosfer berdifusi ke lapisan atas air, ini akan menghambat kemampuan kerang untuk membentuk cangkang dan menyebabkan kematian terumbu karang. Selain itu, Pada beberapa spesies, metabolisme mereka akan menjadi tertekan dan menyebabkan keterbelakangan pertumbuhan dan reproduksi, sementara yang lain tidak akan mampu untuk mengangkut oksigen dalam darah mereka.

Respon utama dari organisme akibat dari perubahan pH air laut adalah tidak seimbangnya konsentrasi asam-basa termasuk produksi hasil metabolisme, pasifnya sistem buffar kimia pada dalam dan luar sel, serta pada transport aktif ion. Asam-basa yang tidak seimbang dapat memicu rusaknya komponen eksoskeleton (seperti cangkang calcareas), penimbunan hasil metabolisme, aktivitas menurun, pingsan akibat gangguan proses transport oksigen, dan jika berlangsung terus menerus akan menyebabkan kematian (Seibel, Brad A. dan Patrick J. Walsh, 2001). McNeil, Ben I dan Richard J. Matear (2006) menambahkan, perubahan pH memiliki dampak langsung terhadap biota laut yang sangat penting untuk memahami besarnya perubahan pada tingkat kenaikan CO 2 dan pemanasan global. Dimana perubahan pH juga merupakan dampak dari perubahan iklim. Perubahan pH mencerminkan perubahan dalam spesiasi karbon dalam laut dan merupakan fungsi temperatur, salinitas,  serta alkalinitas.

Selain fakta kebergantungan langsung penduduk dunia terhadap hasil laut, lautan juga menyerap 25 persen CO2 yang diemisikan setiap tahunnya dan menyuplai oksigen bagi makhluk hidup (Kurnia2, 2009). Dengan demikian, laut harus diperlakukan bukan sebagai penyelamat perubahan iklim. Sebaliknya, perubahan iklim harus dicegah sesegera mungkin agar kehidupan biota laut yang ada di dalamnya tetap terjaga dan dapat terus dimanfaatkan secara berlanjut dari generasi ke generasi.

3 thoughts on “Dampak Injeksi CO2 Bagi Organisme Laut

  1. I tend not to suppose that you may well have the ability to turn this post into a video post? I’ve a tough time studying on my personal computer as well as a video could be a lot much better for me.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s