Perkaya Pengalaman Melalui Pemilihan Abang None Jakarta Kepulauan Seribu 2013

Standar

Pasti udah ga asing kan denger istilah pemilihan Abang dan None? iya itu pemilihan muda-mudi terbaik di Jakarta. Bukan cuma dari penilaian ketampanan atau kecantikan aja loh, tapi juga pengetahuan mengenai budaya betawi, Jakarta, pengetahuan umum dan kemampuan berbicara. Abang dan None juga bukan cuma sebatas ajang pemilihan aja, semua finalis setelah melewati malam final nantinya akan diberikan tugas protokoler dan sebagai duta pariwisata yang harus mampu meneruskan dan meningkatkan promosi kebudayaan dan wisata.

Sebenernya keinginan aye untuk ikut pemilihan Abang dan None udah lama, berhubung kuliah di Jogja dan ngerasa ga pantes ikutan begituan jadinya belom kesampean dah buat ikutan. Tapi di 2013, berkat dorongan sodara, temen kerja dan keluarga, akhirnya aye ikutan jg dah pemilihan Abang dan None Jakarta Kepulauan Seribu 2013. Sebagai putra daerah asli Pulau Seribu, aye berpikir bahwa ini salah satu jalan buat aye bisa berkontribusi sedikit untuk tanah kelahiran tercinta. setelah melewati seleksi di salah satu hotel di Kemang, Jakarta Selatan, akhirnya aye masuk juga sebagai 30 finalis Abang dan None Jakarta Kepulauan Seribu 2013. Alhamdulillah…

Masa karantina awalnya aye ngerasa wah ini masa yang berat banget, karena paginya kerja, trus sore masuk karantina sampe malem. Tapi setelah itu dijalani dan berpikir bahwa ini lah waktunya untuk banyak belajar, sebagai persiapan bekal untuk mengemban tugas nantinya. Akhirnya aye bener2 menikmati banget dah masa karantina meskipun selesai sampai dini hari, bener dah ga kerasa tau2 udah mau malam final aje..mantappp sekali! ga akan bisa dilupakan gimana saat Question n Answer (finalis bilang akhirnya kyu en ei) siap ato ga siap pasti ada saat2 ini,ahahaha….keren…belajar nandak betawi / ngibing….mencak buat abang sampe guling2..fashion show pake musik dangdut..haha asiiik, kocak jg..tapi ini menyenangkan, dulu ga pernah nari n fashion show, tapi disini aye ngerasain itu….seruuuuu…

Saat malam final, memang agak sedikit deg deg kan…ya iyalah…pasti banyak yang nonton, kita semua finalis bakalan ngibing, fashion show, sampe tanya jawab sama juri di depan umum. apalagi ngerasain ribetnya gonta-ganti pakaian..hayo gmn tuh..apalagi nonenya tuh? hahahaaaaa….tapi seneng jg loh bisa tampil di depan orang2 yang ngedukung kita. Nah, pas mau tanya jawab sam juri nih yg bikin dag dig dug kayak bedug..apalagi aye pan no urut 01..pasti yang pertama dah dipanggil, eh beneran aje, waktu itu aye sama non Ghassani no 10 yg kesempatan ditanya pertama. senyum harus ON dari awal sampe akhir…pas kebetulan aye ditanya sm Plt Bupati (Pak Djunaidi)…wah ditanya tentang Pulau Seribu dah nih..pikiran udah kesono kemari, ditanyaa apaan ya! Akhirnya pak Djunaidi mulai tanya, ini kalao ga salah denger ya, soalnya suaranya kecil, “Andi, sekarang kan bupati pensiun nih, nah kira2 kalo kamu jadi bupati apa yang kamu akan lakukan untuk majukan pariwisata Kepulauan Seribu?”,  masih inget banget dah tuh pertanyaan (emang aye ada keinginan buat jadi bupati sih,hehe..Aamiiin…), sempet diem nunggu none disamping aye ditanya sambil mikir mau jawab apaan ya waktu cuma 30 detik. Ternyata setelah beberapa detik, Pak plt bupati kasih kode kalo itu harus segera dijawab. Aye pun tanpa mikir lg langsung ngomong ceplas ceplos, “Terimakasih (pake awalan dulu nih ngilangin grogi, ahahaaa), apabila saya menjadi bupati maka yang saya lakukan untuk meningkatkan pariwisata Kepulauan Seribu adalah dengan meningkatkan pariwisata di pulau-pulau penduduk, karena saat ini pulau-pulau penduduk seperti Pulau Untung jawa, Pari, Tidung dan Pramuka menjadi salah satu tujuan wisatawan untuk berlibur ke Pulau Seribu, sehingga dengan demikian dapat meingkatkan kesejahteraan masyarakat di pulau tersebut, terimakasi”. Ga nyangka aye bisa lancar jawab dan lantang bener, padahal di latiahn Q&A terakhir aye gugup (bocoran itu kayaknya berkat do’a dan minum air zam-zam). Nah setelah jawaban itu teriakan dan tepuk tangan penonton meriah juga…aye senyum-senyum aja dah. Setelah proses tanya jawab, kita semua finalis tambah deg deg kan aja..apalagi kalo bukan nunggu pengumuman, berharap hasil yang terbaik..Bismillah…dan akhirnya, pengumuman dimuali, juara Favorit Abang dan None diraih oleh titik titik..sampe Harapan I None Jakarta Kepulauan Seribu 2013, jatuh kepada none no 12 atas nama Ukhriyatul Ambiya..itu kan asli pulau, kata saya, kalo orang pulo udah dapet pasti ga ada lg orang pulo yang menang, udah pasrah aye waktu itu…dan utnuk Harapan I Abang Jakarta Kepulauan Seribu 2013, abang no urut…..berapa ya? wah dilama2in nih…haha..langsung aje ye bang kata pemenang tahun sebelumnya, harapan I abang no urut 01 atas nama Andi Hakim..aye langsung maju ke depan dan salam takjim ke semua yang hadir, salamlikum…angkat kedua tangan diikuti none (khas Abang None), aye nyebut Alhamdulillah banyak2….ga nyangka…..ya Allah.

Meraih juara Harapan I Abang Jakarta Kepulauan Seribu 2013 merupakan prestasi menurut aye, akhirnya target untuk berprestasi di 2013 terwujud di pemilinan Abang None. setelah di 2011 aye menjadi finalis Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, 2012 menjadi pemakalah pada seminar nasional perikanan dan wisudawan terbaik dari Jurusan Perikanan UGM. Alhamdulillah Yaa Allah, berharap kedepannya banyak prestasi yang ditorehkan.

semua ini tidak kebetulan, aye tuliskan semua yang ingin diraih dalam harapan/mimpi2..aye pun buat proposal hidup, semoga itu manjadi acuan dan arahan untuk bisa bukan hanya meraih sukses tapi juga mulia, bagaimana kita bisa bermanfaat untuk keluarga, agama dan bangsa ini. Aamiiin..

Terimakasih untuk keluarga, sahabat dan orang yang mendukung. terimakasih juga untuk guru dan orang tua tercinta Babeh @JamilAzzaini

Gambar

Foto bersama 6 besar Abang None Jakarta Kepulauan Seribu 2013

Gambar

Bersama Non Ukhriyatul saat penghargaan Juara Harapan I Abang None Jakarta Kepulauan Seribu 2013

Gambar

Penampilan Nandak Abnon Seribu 2013 di Senayan City

Untuk teman2, ayo ikut Pemilihan Abang dan None karena banyak sekali pengalaman dan pelajaran berharga. ini sangat bermanfaat dan penting sekali buat perluas link temen2 juga. bukan cuma di Kepulauan Seribu, masih ada 5 wilayah yang bisa temen-temen ikuti. Tapi uniknya ikut di Kepulauan Seribu, temen2 bisa kunjungi dan pelajari pulau2 wisata disini, wisata bahari, sejarah, cagar alam, konservasi dan sebagainya. ayo ayo ayo..ditunggu ya!

2 thoughts on “Perkaya Pengalaman Melalui Pemilihan Abang None Jakarta Kepulauan Seribu 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s