Kepulauan Seribu: Gugusan pulau yang punya seribu pesona

Standar
Gambar

Peta Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu merupakan sebuah gugusan pulau di teluk Jakarta dan laut Jawa. Sejak tahun 2001 menjadi Kabupaten bagian dari DKI Jakarta yang memiliki 110 pulau. Nama Kepulauan Seribu yang diberikan mungkin saja karena banyaknya jumlah pulau yang ada. Dari 110 pulau tersebut, hanya 11 pulau yang manjadi pulau pemikiman, sedangkan pulau-pulau yang lain menjadi pulau wisata, taman nasional, cagar alam, cagar budaya, serta untuk penghijauan.

Saat ini Pulau Seribu sudah banyak dikenal orang. Siapa yang tidak kenal “Jembatan CInta” di Pulau Tidung, atau “Pasir Perawan” di Pulau Pari? Ya, dua ikon di dua pulau yang berbeda tersebut menjadi bahan pembicaraan dan tujuan wisata banyak orang saat ini. Itu hanya bagian kecil dari Kepulauan Seribu. Gugusan pulau yang ada di Kepulauan Seribu memiliki seribu pesona. Keindahan bawah laut, pasir pantai yang indah, hutan mangrove, bangunan-bangunan belanda, pulau konservasi, sampai kehidupan nelayan bisa dijumpai di Kepulauan Seribu.

Gambar

Foto Nuansa di Jembatan Cinta Pulau Tidung

Anda tak perlu khawatir untuk mengunjungi Kepulauan Seribu. Fasilitas transportasi sudah cukup memadai yang bisa anda gunakan baik dari Marina Ancol, Muara Angke, Tanjung Pasir, maupun dari Rawa Saban, Tangerang. Apabila anda orang yang tidak suka berlama-lama melakukan perjalanan laut, tak perlu khawatir karena ada pulau yang jaraknya tidak terlalu jauh dari daratan Jakarta. Pulau Bidadari merupakan pulau resort yang jaraknya terdekat dari daratan Jakarta, hanya sekitar 15 menit dari Marina Ancol. Pulau yang satu ini menjadi salah satu pilihan lokasi liburan saat akhir pekan bagi para pecinta wisata bahari. Memiliki cottage darat dan terapung yang berada diantara pepohonan dan deburan ombak tepi pantai, view nelayan sekitar pantai  memberikan nuansa nyaman, asri, dan menyatu dengan alam. Berbagai fasilitas hiburan dan kegiatan pantai ditawarkan disini, mulai dari olahraga air, kegiatan outbound dan atraksi lumba-lumba, dan masih banyak lagi. Di Pulai Bidadari juga terdapat Benteng Martello peninggalan Belanda dari abad ke 17, lokasi ini menjadi lokasi hunting photo favorit. Untuk melengkapi kunjungan Anda dapat juga mengunjungi pulau-pulau yang berdekatan, seperti Pulau Onrust, Pulau Kahyangan dan Pulau Kelor. Pulau-pulau tersebut merupakan pulau cagar budaya dimana terdapat bangunan-bangunan peninggalan belanda. Masih banyak pulau resort yang ada di Kepulauan Seribu, diantaranya Pulau Sepa, Pulau Ayer, Pulau Macan, Pulau Air, dan pulau resort lainnya.

Apabila anda pecinta hewan dan terlebih biota laut, anda bisa mengunjungi Pulau Seribu untuk bisa melihat beberapa hewan diantaranya penyu sisik, elang bondol, burung, hiu, dan lain sebagainya. Penangkaran penyu sisik terdapat di Pulau Pramuka dan Pulau Kelapa dua. Penyu sisik merupakan hewan yang dilindungi karena termasuk hewan yang hamper punah. Di lokasi penangkaran penyu sisik, anda bisa meilihat penyu kecil (tukik) yang begitu lucu, dan anda pun bisa berkesempatan melepas penyu sisik yang dewasa ke lautan lepas. Bagi anda pecinta burung wajib mengunjungi Pulau Rambut yang berdekatan dengan Pulau Untung Jawa. Pulau Rambut bisa anda kunjungi untuk menikmati burung-burung di alam liar. selain itu, anda pun bisa menelusuri pulau yang ditumbuhi oleh mangrove dan pepohonan yang rimbun seperti hutan. Kalau anda beruntung, bisa melihat langsung Elang Bondol dari menara setinggi 20 meter. Namun bila tidak bisa melihat Elang Bondol di Pulau Rambut, anda bisa mengunjungi Pulau Kotok yang menjadi lokasi konservasi Elang Bondol. Apabila anda ingin melihat hiu dan biota laut lainnya, anda bisa mengunjungi Pulau Putri yang memiliki akuarium bawah laut. Anda pun bisa ke Nusa Karamba yang tidak jauh dari Pulau Pramuka, disana terdapat beberapa hiu, bandeng, kerapu dan biota laut lainnya sembari menikmati makanan laut di tengah lautan.

Gambar

salah satu pulau resort di Kepulauan Seribu

Anda bisa menikmati keindahan alam yang ada di Kepulauan Seribu, namum tidak lengkap kalau anda tidak mengetahui paling tidak sedikit mengenai kebudayaan yang ada Kepulauan Seribu. Anda bisa mengunjungi pulau-pulau penduduk, dimana saat ini pulau-pulau penduduk menjadi tujuan wisata dan ramai dikunjungi. Beberapa pulau penduduk pun sudah dilengkapai dengan fasilitas seperti penginapan, rumah makan, olah raga air dan fasilitas lainnya. Saat anda berkunjung ke pulau penduduk, tidak hanya berwisata, memancing atau hanya sekedar jalan-jalan, tapi anda pun bisa mengenal kebudayaan yang ada. Kebudayaan Kepulauan Seribu begitu beragama karena penduduknya merupakan perantau baik berasal dari Betawi, Banten, Sulawesi, Kalimantan serta daerah pesisir lainnya. Logat bicara antar pulau berbeda-beda, dan ini menjadi keunikan masing-masing pulau. Mayoritas penduduk di Pulau Seribu adal;ah muslim, jadi budaya yang ada pun bernafaskan islam. Anda pun harus mencicipi makanan khas Kepulauan Seribu, kerupuk cue (pukcue) dan sate ikan tongkol (sate odol / sate gepuk) merupakan makanan khas yang harus anda nikmati. Tidak hanya itu, banyak sekali makanan dan jajanan kue seperti pindang kuning, pindang garem asem, jepa, celorot, kue podeng, selendang mayang, belibar manggis, dan masih banyak lagi. Jadi, tunggu apalagi, berkunjunglah ke Pulau Serib dan temukan serta nikmati seribu pesona yang ada disana.

Gambar

kapal ferry Pulau Seribu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s