Abnon Seribu, Seribu Karya Ciptakan Jakarta Berbudaya

Standar

Gambar

Mengenakan pakaian adat Betawi, 15 pasang finalis Abang None Jakarta Kepulauan Seribu 2013 berlenggak lenggok di atas panggung seluas 8 x 12 meter di Pulau Untung Jawa pada Juni 2013 lalu. Di hadapan ratusan penonton, finalis Abang None 2013 berusaha menjawab pertanyaan juri. Ajang Abang dan None malam itu merupakan ajang tahunan enam wilayah di DKI Jakarta, termasuk Kepulauan Seribu. Nantinya akan terpilih perwakilan di tingkat provinsi. Sampai ke ajang ini peserta akan melewati beberapa tahap. Mulai seleksi finalis, karantina, bicara di muka umum (public speaking), malam keakraban hingga proses penentuan pemenang seperti malam itu. Pemilihan Abang None Jakarta Kepulauan Seribu sendiri sudah diselenggarakan sejak tahun 2002 silam.

Gambar

Abang None tak hanya ajang pamer penampilan. “Itu wadah pengembangan kemampuan dan bakat anak muda yang akan ditempa dan diberi informasi segala hal mengenai Jakarta,” terang Bang Ario Wicaksono yang saat ini menjadi ketua Ikatan Abnon Seribu. Mereka yang melewati malam finalis, lanjut Bang Ario, akan diberi tugas sebagai protokoler mendampingi acara-acara walikota atau bupati dan gubernur. Mereka juga mengemban tugas sebagai duta pariwisata. Perannya mempromosikan kebudayaan dan pariwisata DKI Jakarta.

Tak terkecuali mereka akan memperkenalkan Kepulauan Seribu ke masyarakat luas. Banyak tempat menarik disana diantaranya pulau bersejarah yaitu Pulau Onrust, Cagar Alam Pulau Rambut, Penangkaran Penyu Sisik, mangrove dan terumbu karang, pantai dan keindahan bawah lautnya, serta pulau-pulau resort yang menjadi andalan Kepulauan Seribu seperti Pulau Bidadari dan Sepa.

Di luar ajang saban tahun ini mereka terlibat dalam sejumlah kegiatan di Ikatan Abang None, komunitas berkumpulnya mantan dan Abang None aktif. Salah satunya bakti sosial. Di awal 2014, ikatan abnon seribu menyelenggarakan cek tensi darah gratis sekaligus mempromosikan pariwisata Kepulauan Seribu di Jakarta Car Free Day. Tiga tahun terakhir tim futsal Abnon Seribu menjadi juara di turnamen futsal antar wilayah yg diselenggarakan oleh ikatan abnon utara tiap tahun. Akhir Juni 2013 mengadakan sunatan massal di daerah Bogor bekerjasama dengan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Pada Ramadhan lalu menggelar buka puasa  bersama anak-anak binaan Komunitas Jendela Manggarai. Tahun 2012 Ikatan Abnon Seribu juga menggelar kegiatan penyuluhan, pemeriksaan, dan pengobatan gigi dan mulut gratis di Pulau Pramuka. Melalui Ikatan Abnon Seribu lah banyak peran dan pengalaman yang bisa disalurkan dan dikembangkan kedepannya.

Kesempatan untuk menjadi Abang dan None Jakarta Kepulauan Seribu sangat terbuka untuk siapa saja termasuk dari darat dan asli pulau, tak harus punya KTP Kepulauan Seribu. Intinya adalah bagaimana kita bisa mengenal kebudayaan dan potensi yang ada di Kepulauan Seribu dan DKI Jakarta. Maka dari itu melalui Abnon Seribu lah kita bisa mengenal dan mempublikasikan semua kekayaan Pulau Seribu dan Jakarta. Untuk mendapatkan informasi bisa kunjungi web http://www.abnonseribu.com atau follow twitter @abnonseribu. Mari bergabung bersama Abang None Jakarta Kepulauan Seribu, dan jadilah duta pariwisata generasi baru.

Gambar

2 thoughts on “Abnon Seribu, Seribu Karya Ciptakan Jakarta Berbudaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s