Jejak Seribu, Jelajah Edukasi Kepulauan Seribu

Jejak Seribu Baru
Standar

JejakSeribu atau Jelajah Edukasi Kepulauan Seribu merupakan kegiatan sosial dengan visi untuk memberikan edukasi dan menebar semangat cinta bahari. JejakSeribu terbagi menjadi beberapa kegiatan diantaranya Jejak Ilmu, Jejak Kreasi dan Jejak Bahari yang pada masing-masing bidang memiliki kegiatan yang beragam baik berupa penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan dan bakti sosial. Jejak Seribu diinisiasi oleh Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara DKI Jakarta bersama Ikatan Abang None Jakarta Kepulauan Seribu, Ikatan Putra Putri Bahari Kepulauan Seribu dan Purna Paskibraka Indonesia DKI Jakarta.

IMG-20160318-WA0052

Tim JejakSeribu

Pulau Harapan dan Pulau Kelapa menjadi lokasi yang dipilih panitia Jejak Seribu untuk melaksanakan kegiatan Jelajah Edukasi Kepulauan Seribu atau JejakSeribu. Saya (Andi Hakim) kebetulan menjadi ketua pelaksana kegiatan ini yang dilaksanakan selama dua hari, sabtu sampai minggu pada tanggal 02-03 April 2016. Sebelumnya kami bekerjasama dengan Bina Masyarakat Peduli telah melaksanakan “Gerakan 1000 Anak Sikat Gigi” serempak di Pulau Tidung, Pramuka dan Untung Jawa pada hari jum’at tanggal 18 Maret 2016.

IMG-20160403-WA0009

Sosialisasi JejakSeribu ke Kepala SDN o1 Pulau Harapan

Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada 100 siswa/i SDN 01 Pulau Harapan merukapan kegiatan pertama ketika tiba di Pulau Harapan. Anak-anak SD diberikan pengetahuan dan praktek langsung cara sikat gigi dan cuci tangan  yang baik dan benar. Sosialisasi ini diberikan agar anak-anak terbiasa untuk menjaga kebersihan dan terlindungi dari berbagai penyakit agar selalu sehat. Gerakan sikat gigi dan cuci tangan ini terselenggara atas dukungan dari Bina Masyaralat Peduli (BMP) yang merupakan mitra Unilever. Panitia juga memberikan bantuan buku-buku kepada anak-anak yang disumbangkan ke taman baca yang ada di pulau tersebut.

IMG-20160318-WA0049

Salah panitia menjelaskan cara sikat gigi yang baik dan benar

IMG-20160403-WA0008

Foto bersama panitia dan siswa/i SDN 01 Pulau Harapan

Sabtu siang (02/04) dilaksanakan pula kegiatan sharing pemuda dan kelas inspirasi bersama para pelajar dan pemuda Pulau Kelapa dan Harapan. Para pemuda sangat antusias ketika diberikan informasi kegiatan-kegiatan kepemudaan, terlebih ketika perwakilan Dinas Olahraga dan Pemuda (DISORDA) DKI Jakarta memberikan semangat pemuda pulau untuk mengikuti kegiatan Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN). Abang None dan Putra Putri Bahari Kepulauan Seribu juga berbagi pengalaman terkait pemilihan dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh duta pariwisata Kepulauan Seribu ini. Maimunah perwakilan dari pemuda setempat mengungkapkan, senang dengan adanya kegiatan ini yang menambah pengetahuan pemuda. Dia mengatakan bahwa sosialisasi dan informasi kegiatan kepemudaan yang sampai ke pulau nya sangat minim. Selain itu, perwakilan Abang None Jakarta Kepulauan Seribu juga memberikan buku-buku ke Taman Baca pulau setempat dengan gerakan Seribu Buku.

IMG-20160403-WA0011

Foto bersama pelajar dan pemuda Pulau Kelapa dan Harapan

IMG-20160403-WA0031

Penyerahan simbolis buku dari Abnon Seribu

80 volunteer juga berpartisipasi dalam kegiatan Jejak Seribu ini, dimana mereka selain diperkenalkan dengan Kepulauan Seribu juga ikut dalam kegiatan cinta lingkungan. Kunjungan Taman Nasional Laut di Pulau Kelapa Dua merupakan salah satu edukasi yang diberikan kepada mereka untuk melihat langsung penangkaran penyu sisik, dan tentunya mendapat pengetahuan mengenai konservasi baik terumbu karang, mangrove dan lamun.

IMG-20160403-WA0021

Volunteer JejakSeribu

Para volunteer juga ikut serta dalam kegiatan penanaman mangrove dan transplantasi terumbu karang (minggu, 03/04) yang didampingi oleh kader konservasi dari pemuda setempat yang dipimpin oleh Bang Safaat. Mereka juga membuat kreasi sign board yang berisi ajakan kepada masyarakat dan wisatawan untuk menjaga dan mencintai lingkungan, dimana hasil karya mereka akan ditempatkan di beberapa titik di Pulau Harapan.

IMG-20160403-WA0051

Penanaman mangrove

DCIM101MEDIA

Transplantasi Karang

IMG-20160413-WA0001

Sign Board Peduli Lingkungan

Terselenggaranya kegiatan Jejak Seribu tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, diantaranya Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, US Embassy, Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu, Balai Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, Bina Masyarakat Peduli mitra Unilever, Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, serta kecamatan dan kelurahan setempat. Pos Kota juga menjadi media partner yang membantu publikasi kegiatan JejakSeribu. Kegiatan ini merupakan bentuk peran penting dan semangat generasi muda dalam partisipasinya kepada masyarakat melalui kegiatan sosial, edukasi dan cinta lingkungan.

IMG_20160422_010821_592

Berita JejakSeribu di Koran Pos Kota

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s