PENGALAMAN BERHARGA SAAT DIKIRIM KE KOTA DARI SEKOLAH

Standar

Kemping Cibubur

Bagi anak-anak pulau, pergi ke daratan Jakarta menyebutnya ke kota. Dulu waktu sebelum tahun 2005-an pergi ke kota adalah hal langka, terutama bagi anak-anak sekolah yang hidup dan bermukim di pulau yang jauh dari hiruk pikuk ibukota. Saat ada kesempatan itu datang tentunya menjadi hal istimewa, karena yang mendapatkan kesempatan itu hanya siswa-siswi tertentu saja, dan mungkin juga tidak akan bisa semua satu kelas bahkan satu sekolah merasakannya.

Terlebih bagi mereka yang belum pernah melihat gedung-gedung pencakar langit yang menjulur tinggi berjejer rapih di jalan raya, melewati jalan layang seakan merasakan terbang melihat pemandangan dan lalu lalang kendaraan yang ada dibawahnya, juga saat masuk ke dalam terowongan yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Suara sorak-sorak kegirangan dari para peserta satu rombongan di dalam kendaraan menghiasi selama perjalanan meski kadang juga harus berdesak-desakan di dalamnya. Hal itu tidak jadi masalah bagi mereka, yang penting senang dan bahagia. Seakan lupa bahwa sebagian dari mereka sebelumnya mengalami mabuk laut saat menyeberang naik kapal selama beberapa jam lamanya.

 

Momen ini pun tidak sering hanya beberapa kali saja, mungkin saat dipilih oleh guru dan dikirim mengikuti acara tertentu seperti pelatihan, lomba atau kegiatan lainnya mewakili sekolah. Dan biasanya pengalaman mereka akan dibagikan tidak hanya kepada teman sebangkunya tapi juga keluarganya. Senang bukan main bagi mereka yang mendapatkan kesempatan berharga dan langka. Meski tidak jarang bisa bikin tidak tenang sebelum saatnya tiba, tidak enak makan, tidak enak tidur bahkan bisa gemetaran membuat beberapa yang belum pernah akan merasa minder saat bertemu dan menjalankan aktivitas bersama peserta dari sekolah lainnya. Yang pasti kesempatan ini sangat berharga, bukan sekedar sebagai ajang jalan-jalan di ibukota, yang terpenting adalah akan menambah wawasan, pengalaman dan pertemanan mereka.

 

Tidak hanya itu saja, tentunya banyak cerita dari yang sedih hingga jenaka, dan bahkan menjadi bahan ceritaan di sekolah, bisa beberapa episode ceritanya. Dan pengalaman berharga tersebut bukan hanya berkesan bagi mereka yang merasakannya, tapi juga bagi yang mendengarkannya meski tidak pernah merasakannya cukup dengan membayangkan saja, tentu menyimpan banyak pelajaran dan bisa jadi bekal saat dewasa. Dengan pengalam itu mereka yang berkesempatan dapat melihat dan berpikir lebih terbuka, membuka pandangan lebih luas untuk cita-cita serta harapan mereka, karena biasanya hanya di pulau melihat lalu lalang kapal dari bibir dermaga, merasakan hembusan angin laut dan deburan ombak saja, bermain di pinggir pantai bersama teman atau tetangganya dan tidak sedikit juga yang disibukkan dengan membantu keluarga melaut untuk kebutuhan sehari-harinya. Andai banyak anak-anak pulau yang mendapatkan kesempatan dan merasakan pengalaman berharga itu, pasti akan membekas dan menjadi kisah dalam perjalanan hidup mereka. Terlebih bagi mereka yang baru pertama kali sebagai anak nelayan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s