Sekilas Tentang Saya

Halaman

Andi Hakim, anak ke-7 dari 8 bersaudara, dilahirkan pada tanggal 31 Mei 1990 di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta. Meskipun berasal dari pulau yang kecil, tapi harapan dan visi haruslah besar. Sejak lahir sampai Madrasah Tsanawiyah menetap di pulau, namun ketika Madrasah Aliyah merantau untuk menuntut ilmu di Jakarta Selatan. Penulis melanjutkan studi di Universitas Gadjah Mada, Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, masuk 2008 dan lulus tahun 2012. Tahun 2014 melanjutkan studi pascasarjana di Teknologi Hasil Perairan, Institut Pertanian Bogor. Penulis pernah bekerja dan riset di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBP4BKP) Jakarta sampai Tahun 2016.

Ketika sekolah dan kuliah, penulis sudah aktif di berbagai kegiatan dan organisasi. Saat ini aktif di Ikatan Abang None Jakarta Kepulauan Seribu, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Dewan Pimpinan Pusat Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara (IPNU), Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI) dan menjadi ketua Ikatan Keluarga Alumni (ILMI) MAN 11 Jakarta. Sejak 2016 membangun Jejak Seribu, sebuah komunitas yang bergerak di bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat juga lingkungan dan pariwisata di Kepulauan Seribu.

Saat studi jenjang Sarjana di Universitas Gadjah Mada, penulis menjadi asisten praktikum sejak semester 4 sampai semester 8 dan tergabung dalam Sahabat Percepatan Peningkatan Mutu Pendidikan (SP2MP) Universitas Gadjah Mada serta aktif di organisasi kemahasiswaan baik tingkat jurusan, fakultas maupun universitas. Penulis juga sebagai penerima hibah Program Kreativitas Mahasiswa PKM diantaranya: PKMM – Program Pantai Zero Waste Pelatihan Pengelolaan Limbah Ikan di Pantai Baron DIY (2010) dan PKMGT – Program Fishnut Galakan Konsumsi Gizi Ikani Masyarakat (2012). Tahun 2011 menjadi finalis pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) di Makassar dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Bima NTB. Tahun 2012 menjadi pemakalah pada Seminar Nasional Perikanan (SEMNASKAN) dan wisudawan terbaik Jurusan Perikanan UGM Periode Agustus 2012. Tahun 2013 mendapat prestasi sebagai Harapan I Abang Jakarta Kepulauan Seribu Tahun 2013.

Selama studi jenjang Magister, penulis aktif mengikuti kegiatan organisasi kampus sebagai Kepala Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Forum Mahasiswa Pascasarjana (Forum Wacana) IPB dan Kepala Divisi Humas Keluarga Awardee LPDP IPB pada Tahun 2015. Penulis terpilih sebagai peserta Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Sail Tomini pada Tahun 2015 dan satgas Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Sail Karimata pada Tahun 2016, diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Pada Tahun 2015, penulis memperoleh Juara III Penelitian Terbaik Bidang Kelautan dan Perikanan, Penghargaan Adibakti Mina Bahari dari Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Penulis terpilih sebagai delegasi program pertukaran pemuda mewakili Indonesia dalam The 17th ASEAN-Korea Future-Oriented Youth Exchange Program, diselenggarakan oleh The National Council of Youth Organizations in South Korea, pada Tahun 2016. Artikel penulis dengan judul Bioethanol Production from Seaweed Processing Waste by Simultaneous Saccharification and Fermentation (SSF) telah diterbitkan pada Squalen Bulletin of Marine and Fisheries Postharvest and Biotechnology Volume 12 Nomor 2 Tahun 2017.

Iklan

7 respons untuk ‘Sekilas Tentang Saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s